Spread the love

PONOROGO – Malang Nian, Nasib Mbah Gimin (80) Warga Desa Karang Mojo, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Betapa tidak?, gara -gara lupa memanggang kayu di tungku pawonya, rumah miliknya yang masih gedek (dinding terbuat dari bambu, red) ludes hangus terbakar dilalap si jago merah. 

Kronolgis Kejadianya, pada Sabtu 17 September 2022 Sekitar  pukul 15.00 WIB, usai menanak Nasi di dapur, Mbah Gimin seperti biasa memanggang kayu di atas tungku/pawon. Tak disadari  sekitar Pukul 23.00 WIB api diperkirakan muncul membesar dan membakar rumahnya, saat itu ia  ketiduran dan tidak mengetahui kalau kayu yang dipanggang terbakar dan menjalar ke dinding rumah miliknya, yang masih terbuat dari bambu. Beruntung nyawanya masih terselamatkan karena saat melihat kobaran api, para tetangga  langsung menolong dan segera memaksanya keluar rumah untuk menyelamatkan diri. 

Sementara itu, Petugas kepolisian  Polsek Balong Polres Ponorogo Sabtu malam 17 September 2022 melakukan olah TKP kebakaran rumah milik Gimin (80) di Desa Karangmojo, Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. 

Kapolsek Balong AKP Hariyanto, S.H. mengatakan bahwa dengan adanya kejadian tersebut pihaknya melakukan olah TKP serta berkoordinasi dengan unit pemadam kebakaran Kabupaten Ponorogo. 

Kapolsek menjelaskan kronologi kebakaran disebabkan akibat kelalaian pemilik rumah itu sendiri yaitu Mbah Gimin. 

” Pada hari Sabtu tanggal 17 September 2022 Sekira pukul 15.00 wib selesai menanak Nasi di dapur, korban seperti biasa memanggang kayu di atas tungku/pawon. kemudian Sekira Pukul 23.00 WIB diperkirakan api muncul membakar rumah korban, saat itu korban ketiduran dan tidak mengetahui kalau kayu yang dipanggang terbakar dan menjalar ke dinding rumah miliknya yang terbuat dari bambu, ” jelas AKP Hariyanto. 

Kapolsek mengatakan, Kejadian tersebut diketahui pertama kali oleh saksi Sriyanti dan Boyono (tetangga sebelah), yang kemudian Korban diajak keluar  rumah oleh saksi untuk menyelamat diri. 

” Akibat kebakaran tersebut mengakibatkan rumah milik korban roboh dan habis terbakar, ” terangnya. 

Kapolsek menambahkan, pihaknya bersama tim pemadam kebaran Kabupaten Ponorogo berupaya memadamkan api. 

” Tim pemadam kebakaran datang pada pukul 00.21 WIB, selang beberapa jam kemudian api berhasil dipadamkan, ” imbuhnya. 

Dari hasi olah TKP Polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti antara lain kacang hijau 1,5 kwintal kondisi hangus, gabah 6 sak / 3 kwintal kondisi hangus dan 1 buah sepeda ontel milik korban kondisi hangus. (agus) 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights