Spread the love

TULUNGAGUNG – Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kabupaten Tulungagung bersama Pemrintah Desa wates Kecamatan Sumbergempol mengadakan Pameran Sepeda Onthel yang bertempat di Wisata Pasren Garuda desa Wates, Jumat(1/7) malam.
Menurut penuturan Agus selaku pembina KOSTI Kabupaten Tulungagung dalam sambutannya, menurutnya KOSTI merupakan suatu perkumpulan para pencinta dan pengguna sepeda onthel atau sepeda Lawas Kabupaten Tulungagung yang legalitas formalnya Kemenkumham.
Senada dengan itu Bambang Samsu selaku Ketua Komunitas Sepeda Ontel Indonesia (KOSTI) kabupaten Tulungagung menjelaskan saat ditemui awak media disesi yang terpisah, KOSTI berdiri sejak tanggal 27 maret 2022.
” Sejak dibentuk Kosti kabupaten Tulungagung beberpa kali menggelar event dan rutinan setiap Akhad Wage ( minggu wage) secara bergiliran. ” ucap Bambang Samsu.

” Mari bersama- sama berolahraga bersama dengan bersepeda onthel Melalui pameran sepeda onthel (Sepeda Tua/jadul) ini, dengan hobi yang sama bisa saling bersilaturahim dan mejaga keakraban sesama anggota kosti ” tandasnya.

Kita jaga inspirasi bagi masyarakat untuk kembali memanfaatkan sepeda sebagai andalan transportasi sehari-hari yang hemat BBM serta ramah lingkungan, lanjut Bambang menambahkan.

“ Semoga masyarakat kabupaten Tulungagung ikut berpartisipasi dalam melestarikan sepeda ontel sebagai warisan leluhur yang sangat penting sekali dilestarikan ” pungkasnya

Menurut Joko Dwi selaku SekCam Sumbergempol mengatakan, adanya pameran sepeda onthel seperti ini jarang kita menemukan, kebetulan pada malam hari Kosti mengadakan pameran Sepeda onthel atau sepeda tua dipasren garuda desa Wates kecamatan Sumbergempol.

” Saya mewakili atas nama pemerintah kecamatan Sumbergempol sangat mengapresiasi kegitan yang bagus ini yan diadakan oleh teman- teman dari Kosti ” ungkap Joko Dwi dalam sambutannya.

Dalam membuka agenda giat malam in, dalam pungaksannya Joko mengghimbau kepada warga masyarakat desa wates dan sekitarnya agar lebh mencintai sepeda onthel atau sepeda Jowo karna didalamnya mengadung nilai positifnya supaya kita lebih mencintai peninggalan sejarah dari leluhur kita terdahulu dalam artian Onthe merupakan sarana transportasi yang di gunakan pada masa dulu, pungkasnya.

Hadir diacara malam ini Rudiyanto  kepala desa Wates kecamatan Sumbergempol, Babinkamtibmas serta ratusan warga yang turut hadir menyaksikan acara pembukaan pameran sepeda onthel dengan suguhan hibur kesenian reog kendang dari sanggar budaya Tricahyo Budoyo dari desa ngranti kecematan boyolangu kabupaten Tulungagung.(sugeng)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights