Spread the love

TULUNGAGUNG – Wabah chikungunya yang sebelumnya menjangkiti Desa Gilang Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung semakin meluas ke desa lain di sekitarnya. Setelah Desa Gilang Kecamatan Ngunut, sekarang ditemukan di Desa Pulosari Kecamatan Ngunut dan Desa Sidomulyo Kecamatan Kauman.

Pada kejadian sebelumnya pada awal Januari penyakit chikungunya dialami 35 warga di Desa Gilang, saat ini sudah bertambah kisaran 100 penderita. Para penderita mengalami panas mendadak, nyeri, pusing, lemas serta muncul ruam merah pada kulit di sekujur tubuh, terutama bagian kaki dan tangan. Petugas kesehatan pun segera melakukan tindakan penanggulangan secara cepat dan terukur ke area terdampak.

Untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran penyakit ini, pihak dinas kesehatan Tulungagung langsung melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara intensif, dilanjutkan sosialisasi, larvasidasi dan pengasapan (fogging). Wabah penyakit cikungunya di Tulungagung semakin meningkat. Penyakit ini telah menyerang ratusan warga. Cikungunya sendiri disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

“ Petugas dinkes juga sudah melakukan fogging di sekitar rumah warga yang terjangkit chikungunya, ” terang dr. Kasil, Jumat (27/1/2023).

Tercatat, pada Jumat tanggal 27 januari 2023 wabah ini telah terjadi sebanyak 100 kasus. Wabah terjadi di Desa Ngunut, Desa Jatimulyo, Desa Gilang, dan Desa Pulosari. Berdasar catatan Dinas Kesehatan setempat, kasus muncul mulai Desember kemarin di Desa Gilang Kecamatan Ngunut.

“ Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan serangan penyakit chikungunya dapat berkurang dan warga dapat beraktivitas normal kembali. ” pungkasnya

Menyikapi kejadian ini, Dinas Kesehatan Tulungagung menyarankan masyarakat agar melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk secara periodik minimal seminggu sekali. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung dr. Kasil Rochmad mengatakan Saat ini pihak puskesmas terdekat telah memberikan pengobatan untuk mempercepat proses penyembuhan.(tris)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights