Spread the love

JAKARTA – Apakah Anda sedang mencari tahu cara kembalikan akun WhatsApp (WA) yang kena hack? Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memulihkan akun WA Anda.

Belakangan ini sedang ramai kasus pembiacaraan menganai WA yang di-hack oleh orang lain. Jika Anda mengalami permasalahan serupa, tangani segera dan jangan biarkan berlarut-larut. Dampaknya bisa sangat fatal, mulai dari pencurian data pribadi, penipuan, dan lainnya.

Untuk itu, Anda harus mengetahui cara untuk memulihkan akun terkena hack guna berjaga-jaga dikemudian hari. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

Tanda-tanda akun WA kena hack

Sebelum Anda mengetahui cara kembalikan akun WA kena hack, ketahui tanda-tanda ada penyusup di WA Anda. Waspada tanda-tadannya di bawah ini:

  1. Akun Anda akan selalu online di pengguna lain, meski Anda tidak sedang mengakses WA.
  2. Terdapat pesan baru masuk sudah terbaca padahal Anda belum membacanya.
  3. Mendapatkan pesan berisi link dari orang yang tidak dikenal.
  4. Mendapat pesan dari akun WhatsApp pengguna lain tanpa sepengetahuan Anda.
  5. Terdapat pemberitahuan Anda tidak terdaftar di WA lagi.
  6. Akun WA tidak bisa diakses.

Cara kembalikan akun WhatsApp yang kena hack

Jika akun Whatsapp Anda kini kena hack dengan tanda-tanda diatas, jangan panik! Berikut 3 cara kembalikan akun WA yang kena hack. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Keluar dari semua perangkat

Jika Anda merasa akun Anda telah menunjukkan beberapa tanda yang telah disebutkan, segera keluar akun WA Anda dari semua perangkat. Dengan begitu, akun Anda juga akan keluar dari perangkat penyusup.

Setelahnya, lakukan two step verification masukkan kode OTP dan PIN untuk menjaga keamanan akun Anda.

2. Lakukan instal ulang akun WhatsApp 

Cara kembalikan akun WhatsApp yang kena hack adalah install ulang akun WhatsApp Anda. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk merebut kembali akun WA dari para hacker.

Dengan menginstal ulang, secara otomatis WA Anda akan keluar dari smartphone si hacker. Setelahnya, Anda akan mendapat kode OTP yang dikirim melalui SMS dan PIN verifikasi agar bisa masuk ke akun.

3. Menghubungi pusat bantuan

Jika kedua langkah di atas tidak berhasil, maka cara selanjutnya adalah menghubungi pusat bantuan. Anda bisa menghubungi pusat bantuan melalui email [email protected].

Melalui email bantuan tersebut, Anda bisa petugas untuk menonaktifkan akun Anda. Akun Anda nantinya akan langsung dinonaktifkan oleh pihak WhatsApp.

Sayangnya, Anda harus menunggu 30 hari untuk bisa menggunakan WhatsApp kembali.

4. Metode melindungi akun WhatsApp

Salah satu cara melindungi akun WhatsApp dari serangan hacker adalah adanya pencegahan sebelum hal tersebut terjadi. Berikut beberapa metode untuk melindungi WA Anda dari serangan para hacker:

  1. Cek perangkat yang terdaftar dengan akun WA Anda. Jika ada perangkat yang mencurigakan, segera logout.
  2. Tidak membagikan kode OTP ke orang lain
  3. Mengaktifkan proteksi two step verification
  4. Hindari membuka WA menggunakan WiFi publik yang tidak dipercaya
  5. Hindari membuka link yang tidak diketahui pengirimnya.

Demikianlah cara kembalikan akun WA yang kena hack. Dengan mengetahui tanda dan cara kembalikan akun WA yang kena hack, Anda bisa lebih waspada dan mawas diri. (Sumber Fortune Indonesia)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights