Spread the love

TULUNGAGUNG – Bupati Tulungagung mendukung penyelenggaraan Sosialisasi dan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) yang diselenggarakan LSP Pers Indonesia bersama Aliansi Jurnalis Tulungagung, Jumat (15/7/2022) di ruang Praja Mukti.

Hal itu, disampaikan Bupati Tulungagung yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Tulungagung, Sugianto.

Pemerintah Tulungagung dengan insan pers adalah mitra sejajar yang masing-masing mempunyai tugas berbeda namun mempunyai tujuan yang sama untuk membangun Tulungagung.
“ Kerjasama insan pers dan pemerintah daerah sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan pembangunan Tulungagung,” katanya.

Sementara itu, AE. Purwanto mewakili Ketua Panitia menyampaikan, Catur Santoso, mengucapkan terima kasih pada Ketua LSP Pers Indonesia Heintje Grontson Mandagie yang berkenan hadir di Tulungagung. Dan pada semua pihak yang telah mendukung terslenggaranya acara bersejarah bagi wartawan Tulungagung ini.

“ Momentum bersejarah untuk wartawan khususnya wartawan Tulungagung. Untuk pertama kalinya Wartawan Indonesia resmi disertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) lewat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia,” katanya.

DItambahkannya, kedepan pasca makin banyaknya wartawan yang mendapatkan sertifikat dari LSP Pers Indonesia diharapkan mereka akan menghasilkan kaarya jurnalistik yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai Kode etik Jurnalistik dan Undang-Udnang Pers 40 Tahun 1999, tentang Pers.
Pada kesempatan itu, Heintje Mandagie mengungkapkan dengan pemberian lisensi pada LSP Pers Indoensia oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Maka penyelenggaraan Sertifikasi Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan LSP Pers Indonesia diakui negara,” katanya.

Heintje Mandagie mensosialisasikan tentang keberadaan LSP Pers Indonesia, saat ini satu-satunya lembaga yang diakui oleh BNSP sebagai penyelenggara Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW).

Dibuktikan dengan Sertifikat yang kertasnya dari Perum Peruri yang berlogokan Lambang Negara republik Indonesia Burung Garuda.

Dipenutup acara dilakukan penyerahan Sertfikat pada Wartawan Utama yang telah mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan di Surabaya pada akhir Juni lalu.

Mereka adalah, Catur Santoso, Hariyanto, Siswoyo dari Tulungagung dan Anto Susanto dari Tuban.

Jumlah peserta SKW yang diselenggarakan di Tulungagung ini diikuti 12 orang dengan skema 6 orang untuk Wartawan Madya dan 6 orang untuk Wartawan Utama.
Ujian Sertifikasi Wartawan bersama LSP Pers Indonesia ini berjalan lancar sampai selesai. Berharap hal ini bisa menjadi ujung tombak dan menjadi tauladan yang lebih baik untuk menjadi Wartawan yang lebih profesional di Kabupaten Tulungagung.
Dukungan dari Pemerintah Tulungagung sangat di harapkan agar bisa bersinergi dalam membangun Kabupaten Tulungagung. (Redaksi)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights