Spread the love

MALANG – Sejumlah perjalanan kereta api (KA) terganggu dampak longsor yang menutup akses jalur Terowongan Karangkates, Malang. Longsor ini terjadi di jalur KA antara Stasiun Sumberpucung, Kabupaten Malang dengan Stasiun Pohgajih, Kabupaten Blitar.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, hingga kini masih ada KA Matarmaja yang tertahan dari Stasiun Malang untuk tujuan Pasar Senen, Jakarta.

Dengan jadwal keberangkatan pukul 09.25 WIB, KA tersebut tertahan di Stasiun Sumberpucung. Rencananya, KA akan dialihkan memutar, melewati Lawang-Bangil, Sidoarjo, Tulangan, Mojokerto dan Kertosono.

Sementara KA Penataran relasi Surabaya-Blitar saat ini tertahan di Stasiun Kepanjen. Sebelumnya, PT KAI Daop 8 Surabaya menyebut, longsor terjadi pukul 09.08 WIB. Ada tiga titik longsor yang menutup jalur KA. Yakni : KM 84+8/9, KM 82+6/7, dan KM 81+3 petak jalan Sumberpucung-Pohgajih setelah sebelumnya daerah tersebut diguyur hujan lebat.

” Ada tiga titik longsor yang menutup jalur KA, kalau dari Sumberpucung (Malang) setelah terowongan. Proses pembersihan masih berjalan, ” ujar Luqman dalam keterangannya, Selasa (18/10/2022).

Luqman mengucapkan permohonan maaf pada masyarakat atas dampak yang dirasakan dari bencana ini. Pihaknya tengah berupaya untuk membersihkan jalur yang tertutup longsor.

” Kami atas nama manajemen PT KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat jalur KA terkena longsor di wilayah tersebut, ” imbuh Luqman.

Luqman Arif menambahkan, KAI Daop 8 Surabaya saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan perjalanan kereta api yang tertutup longsor. Penanganan dilakukan baik dari sisi pengaturan operasional KA maupun prasarana jalur KA. KAI juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempercepat proses perbaikan.

” Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Semoga cuacanya mendukung dan longsor segera teratasi agar jalur kereta api yang terdampak kembali normal serta perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancar, ” ungkapnya.

Dari foto yang tersebar dan diunggah di akun resmi Instagram @KAI121, terlihat material longsor menutup jalur rel tepat di muka terowongan jalur kereta api Karangkates.

Petugas tengah berjibaku untuk membersihkan material longsor yang menutup lajur KA. PT KAI menghimbau penumpang yang terdampak bisa menghubungi Customer Service dan Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121.(red)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights