Spread the love

NGANJUK – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi membuka dan memberangkatkan pawai kirab budaya dalam rangkaian acara sedekah bumi kelurahan Kramat, kecamatan Nganjuk, Jumat (26/5/2023). Sedekah bumi dalam rangka bersih desa atau nyadran ini, diadakan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki berupa segala bentuk hasil bumi.

Kirab budaya diikuti oleh seluruh masyarakat di kelurahan Kramat. Mulai dari ketua RW, RT, ketua dan Anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Kelompok Tani, kader PKK, Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Agama (Toga), dan Pemuda Karang Taruna Kelurahan Kramat.

Kedatangan Bupati Marhaen disambut meriah oleh masyarakat Kelurahan Kramat, para peserta dengan pakaian kostum adat, serta arak-arakan pawai sedekah bumi berupa gunungan hasil bumi masyarakat Kelurahan Kramat.

Sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, kirab budaya bersih desa Kelurahan Kramat, kata Nuri Pirhandoko, juga untuk melestarikan budaya kearifan lokal masyarakat setempat.

Peserta arak-arakan akan berjalan dari Kelurahan Kramat sampai dengan punden Ki Ageng Kramat dilanjutkan dengan doa bersama, ungkap Lurah Nuri Prihandoko, ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Nganjuk juga masyarakat Kelurahan Kramat atas kehadiran dan partisipasinya dalam kirab budaya nyadranan di wilayahnya.(YK)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights