Spread the love

TULUNGAGUNG – Kodim 0807 Tulungagung memberikan suprise untuk Kapolres AKBP Eko Hartanto, S.I.K., M.H dengan membawa tumpeng ucapan selamat hari bhayangkara ke 77 ke Mapolres Tulungagung.

Tampak Komandan Kodim 0807 Letkol Czi Nooris Agus Rianto, S.I.P beserta rombongan membawa kue ulang tahun dan mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke 77 kepada jajaran polres Tulungagung, Sabtu (01/07/2023)

” Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antara Kepolisian dengan TNI di wilayah hukum Polres Tulungagung, ” ujar Kapolres Tulungagung.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke 77 dari Dandim 0807 Tulungagung.

“ Semoga Kepolisian dengan TNI di wilayah hukum Polres Tulungagung semakin solid, ” pungkasnya.

Usai menyerahkan potongan tumpeng ulang tahun dan ucapan selamat Hari Bhayangkara, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sesi foto bersama.

Yang unik dari surprise itu, rombongan Dandim 0807 Tulungagung membawa reog kendang dengan berjalan kaki menuji Polres Tulungagung.

“ Penampilan kesenian Reog Kendang ini untuk meningkatkan citra kearifan lokal yang berasal dari kabupaten Tulungagung, ”, ujarnya.

Sementara itu di kutib dari beberapa sumber, Reog Kendang merupakan tarian khas tradisi Tulungagung. Berbeda dengan kesenian reog pada umumnya, Tari Reog Kendang ini memadukan kesenian jaranan dengan beberapa alat musik tetabuhan.

Para penari kendang memiliki gerakan tari yang khas, yaitu membungkukkan badan, hal ini dikarenakan membawa alat musik kendang saat perjalanan dari kerajaan Bantarangin ke kerajaan Daha. Versi lain menyatakan bahwa badan yang membungkuk karena para gemblak yang taat, setia dan patuh kepada warok, maka dari itu sosok warok selalu ada pada kesenian reog kendang Tulungagung sebagai pawang atau bomoh.

Tari reog mempunyai gerakan dasar yang diberi nama, Baris, Sundangan, Andul, Menthokan, Gedjoh, Ngongak Sumur, Midak Kecik, Lillingan, Kejang, Patetan, dan Iter.(red)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights