Spread the love

SURABAYA – Berdasarkan pemantauan BMKG, akhir tahun ini rawan bencana akibat cuaca ekstrem di Indonesia. Bahkan BMKG memprediksi cuaca ekstrim perlu diwaspadai hingga memasuki awal Januari 2023, termasuk wilayah Jawa Timur.

Menyikapi prediksi dari BMKG tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan berbagai pihak agar melakukan antisipasi dan koordinasi dengan baik, Rabu (28/12/2022).

” Antisipasi cuaca ekstrem harus dilakukan. Ini sebetulnya itu sudah masuk saat rakor 21 Desember lalu, ada Basarnas, BMKG, PLN, Pertamina. Saya rasa sangat komplit yang hadir, masing-masing mempresentasikan kesiapan mereka, ” ucap Khofifah.

Tidak hanya untuk tempat-tempat wisata, namun juga semua fasilitas umum harus meningkatkan kewaspadaan.

” Misal kesediaan BBM, maka Pertamina menyiapkan SPBU bergerak. Lalu antisipasi angin beliung, pohon tumbang maka beberapa opsi disiapkan oleh PLN, termasuk di dalamnya menyiapkan gardu bergerak, ” sambungnya.

Menghadapi potensi cuaca ekstrem di musim liburan akhir tahun ini, Khofifah juga sudah meminta pengelola wisata menyiapkan petugas yang stand-by sewaktu-waktu hal tidak diinginkan terjadi.

Mantan Mensos RI ini juga sudah memerintahkan kepala daerah agar meng-asasmen tempat wisata di daerah masing-masing apakah aman dan layak beroperasi.

” Masing-masing tempat wisata kita minta dilakukan asasmen kepala daerah. Jadi kita tidak ingin hal terjadi seperti tahun lalu setelah tahun baru ada kejadian, ” tegasnya.

Ia juga me-warning pengelola wisata alam agar menyiapkan sarana pra sarana yang memadai ketika terjadi hal tidak diinginkan. Pemprov Jatim, tambah Khofifah, sudah menyiapkan layanan kesehatan 24 jam apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

” Pariwisata berbasis alam ada warning khusus, harus dipetakan titik kerawanan terjadi. Misal wisata ini ada potensi longsor kalau terjadi hujan lebat pengelola harus menjelaskan ke pengunjung, jadi masing-masing sudah termitigasi, ” tandasnya. (Endang)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights